Membuat RPP

Bismillahirrahmanirrahim

Tulisan ini akan membahas mengenai permasalahan yang kerapkali timbul ketika kita sedang menyusun atau membuat rencana pelaksanaan pembelajaran atau yang lebih kita kenal sebagai RPP.

Sebelum membahas permasalahan tersebut ada baiknya kita tahu lebih dahulu tentang dasar RPP ini. Landasan hukum RPP ini tercantum dalam PP no 19 tahun 2005 pasal 20 yang menyebutkan bahwa

Perencanaan proses pembelajaranmeliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajarran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

sedangkan pengertian RPP sendiri adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. lingkup RPP paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri dari 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) pertemuan atau lebih.

Adapun alur atau struktur pembuatan RPP sendiri adalah

1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

2. Silabus

3. RPP

Adapun komposisi minimal RPP ialah terdiri dari

1. Tujuan Pembelajaran

2. Materi Pembelajaran

3. Metode Pembelajaran

4. Sumber belajar

5. Penilaian hasil belajar

salah satu permasalahan yang kerap kali timbul dalam benak guru ketika membuat atau menysusun RPP adalah kata kerka operasional apa yang akan digunakan dalam menyusun tujuan pembelajaran. Terkadang sebagian dari guru menggunakan kata kerja operasional yang tidak bisa diukur seperti menggunakan kata mengetahui. untuk membantu guru-guru yang kebingungan tersebut, teman-teman guru dapat membacanya dengan mendownload slide di bawah ini

1. perumusan kata kerja operasional

slide yang saya cantumkan di atas bukanlah hasil pemikiran sendiri, melainkan di dapat dari hasil browsing di search engine. untuk link no 1 sy tidak mencantumkan nama pembuatnya karena tidak tercantum dari ketika saya mendownloadnya.

Tentang Ashril Fathoni

Ashril dilahirkan di Cirebon tepatnya di rumah Sakit Sumber Kasih, pada 3 Mei 1986. Pernah sempet kuliah selama empat setengah tahun di UPI PT BHMN Jurusan Pendidikan Sejarah. Semasa kuliah, Ashril tercatat sebagai warga Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah (HIMAS) dan pernah menjadi Ketua Bidang I Keorganisasian 2006-2007, dan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat PIPS UPI 2008-2009. Aktivitas atau tepatnya rutinitas kesehariannya ialah mengajar pada bidang studi Sejarah dan Sosiologi di SMA IT Nuurusshidiiq Cirebon.
Pos ini dipublikasikan di 1. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membuat RPP

  1. mariana berkata:

    benar saya baru dapat ngebedain mana tujuan operasional dan non operasional setelah mengikuti matkul micro teaching
    initnya kegiatan operasional itu itu adalah kata kerja yg membutuhkan tindakan, dan dapta diberi penilaian
    dapat dilihat dari perbedaan kata berikut
    memahami dengan kata memberi pemahaman
    memahami adalah non opersional,
    memberi pemahaman adalah opersional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s